Senin, 05 Desember 2011

Resensi Novel kambing jantan





Catatan Harian Pelajar Bodoh

 


Judul                             :    Kambing jantan
Pengarang                   :    Raditya Dika
Penerbit                       :    Gagas Media
Tebal                            :    252 Halaman
Cetakan Pertama       :    2005






Raditya Dika Nasution lahir di jakarta, 28 desember 1984, akrab di panggil radith. Dia adalah seorang penulis asal indonesia. Di indonesia, radith di kenal sebagai penulis buku-buku jenaka. Tulisan-tulisan itu berasal dari blog pribadinya yang kemudian dibukukan. Buku pertamanya berjudul kambing jantan. Buku itu menceritakan tentang kehidupan radith saat kuliah di australia. Tulisan radith bisa di golongkan sebagai genre baru.
Dalam buku yang saya resensi ini menceritakan radith yang mengalami kebimbangan, antara tetap tinggal di jakarta bersama temen-temennya atau mengikuti saran orang tuanya untuk melanjutkan sekolah di luar negeri. Radith yang biasanya di panggil “kambing” oleh teman-temannya dan dia mempunyai pacar yang sering dipanggil “kebo”. Radith memilih meninggalkan teman-temannya dan pacarnya, untuk berangkatke Adelaide, Australia untuk melanjutkan studi di bidang finance, yang tidak sesuai dengan minatnya.
Selama radith kuliah di Australia banyak masalah muncul dan harus menjalani hubungan jarak jauh dengan “kebo”. Pertama masalah menbengkaknya pengeluaran, komunikasi dengan “kebo” yang terganggu hingga kehidupan radith dan “kebo” kaya dua orang planet yang beda. Masalah yang timbul itu membuat radith kesulitan mengikuti semua pelajaran. Ditambah lagi dengan kehadiran dosennya, Sally Dickson yang kayaknya lebih mirip tentara baru lulus audisi ketimbang dosen. Di saat hubungan radith dengan kebo mengalami masalah, Radith bertemu dengan ine, teman semasa SD dulu . Ine ternyata adalah pembaca setia blognya “kambingjantan.com”. Ine membuka pikiran radith, kalau dia bisa penulis komedi tenar dan terkenal. Sedangkan persahabatannya dengan Hariyanto, teman kuliahnya dari kediri. Menambah keyakinan kepada radith untuk memilih kehidupan yang diinginkannya.
Dalam novel ini kita dapat pesan positif yaitu pilih lah hidup sesuai dengan minat dan keinginan sendiri dan harus berusaha dengan keras untuk mencapai sesuatu walaupun banyak melalui masalah.
Secara keseluruhan novel yang ditulis radith ini cukup segar dan komplit. Buku berjudul Kambing Jantan masuk dalam kategori Best seller di indonesia. Dengan menggunakan gaya tutur cerita ala blog, pesan dalam novel tersampaikan dengan baik dan mengandung unsur cerita yang cerita yang sedikit nyeleneh dan humor. Covernya pun menarik dengan grafik yang bagus. Satu lagi, yang baca novel ini dimohon untuk berhati-hati, soalnya buat kita semua tertawa terbahak-bahak sampai dikira orang gila. Nah, sekian resensi dari saya.
Title: Resensi Novel kambing jantan; Written by Triedogell; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar